Senin, 06 Juli 2009

Profil Telecenter Anggrek



Kabupaten blitar adalah terletak di provinsi Jawa Timur bagian selatan. Sebelah utara Blitar berbatasan dengan kabupaten Kediri, sedangkan sebelah barat berbatasan dengan kabupaten Tulungagung, sebelah timur berbatasan kabupaten malang, dan di sebelah selatan berbatasan dengan laut cina selatan. Kabupaten Blitar terdiri dari 22 kecamatan. Dari ke-22 kecamatan tersebut dukuh Ringinsari,desa Sumberingin berada di kecamatan Sanankulon. Disitulah TELECENTER Wanita Anggrek berdomisili. Dimana program yang notabene-nya berasal dari Bank Dunia yang kemudian melalui PUSKOWANJATI direalisasikan.
Telecenter yang berdomisili di desa yang memiliki penduduk sekitar 6000 jiwa yang kebanyakan mayoritas bekerja sebagai petani merupakan sebuah anugerah bagi penduduk desa Ringinsari karena dengan adanya telecenter, maka penduduk yang ingin mengakses informasi bisa mendapatkan informasi lebih cepat, tanpa harus jauh-jauh pergi ke kota. Itupun kalau penduduk desa Sumberingin sudah paham tentang teknologi internet,,,,,tapi nyatanya banyak penduduk yang tidak paham sama sekali dengan teknologi internet.
Oleh karena itu dengan adanya telecenter yang baru di buka pada tanggal 4 Juli 2009 maka penduduk bisa belajar teknologi internet, karena selain sebagai lading bisnis (warnet) telecenter juga sebagai lahan pembelajaran dan pemberdayaan paengetahuan masyarakat.
Target yang ingin dicapai oleh telecenter wanita anggrek adalah memperkenalkan serta membelajari masyarakat sekitar yang belum paham atau tidak tau sama sekali dengan internet. Kedepan diharapkan bahwa masyarakat mampu untuk mengakses informasi serta meng up-load apa yang menjadi produksi masyarakat sebagai bekal untuk bersaing di era globalisasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar